Blog arsip tugas kuliah dan berkas kerja duktik

tugasduktik.blogspot.com

Nov 30, 2022

Soal dan Jawaban UTS Ilmu Al Quran

Tugas Mata Kuliah Ilmu Al-Quran (IQ)
UTS ILMU ALQUR'AN
Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Kejuruan


Arsip Tugas
Soal Mid Semester .

1. Apakah yang anda pahami dengan ilmu Quran dan bagaimana signifikansinya dengan kehidupan pada saat ini? Jelaskan Pendapat anda!

2. Bagaimana cara mengimplementasikan ilmu quran dalam pembelajaran PAI di sekolah? Jelaskan pendapat anda dengan dilengkapi contoh kegiatan di sekolah, minimal 3!

3. Apa yang anda pahami dari istilah‐istilah di bawah ini? Jelaskan pendapat anda disertai dengan contohnya dalam ayat al quran minimal 3.

a. Asbabun Nuzul
b. Munasabah
c. Makkiyah dan Madaniyah
d. Muhkam dan Mutasyabih
e. Qashas

4. Tuliskan dan jelaskan ayat‐ayat quran dan hadits yang terkait dengan Pendidikan (ayat dan hadits tarbawy), masing‐masing 4.

5. Terkait dengan kurikulum pendidikan, hal apakah yang seharusnya dikuasai/dimiliki oleh seorang guru ketika mengajar di kelas? Jelaskan pendapat anda secara detil dan sistematis!

Selamat Mengerjakan!



Arsip Jawaban:

1.
Ilmu Al-Qur'an atau 'Ulumul Qur'an adalah ilmu yang membahas tentang hal-hal berkaitan dengan Al-Qur'an. Pokok-pokok pembahasannya mengenai sejarah turunnya ayat, urut-urutan ayat, pengumpulan ayat, penulisan ayat, pembacaan ayat, tafsir ayat, i'jaz, nasikh dan mansukh, bantahan terhadap hal yang meragukan Al-Qur'an, dll.

Maka ilmu Al-Qur'an adalah ilmu yang signifikan dan relevan dipelajari di masa kini dan masa depan. Karena dengan ilmu Al-Qur'an kita akan mengetahui detail suatu ayat dari berbagai aspek. Dengan demikian kita tidak akan terpengaruh dengan isu dan misi oknum atau kelompok tertentu yang mempunyai misi pengkaburan terhadap makna suatu ayat demi kepentingannya, kelompoknuya atau kepentingan lainnya.

2.
Diantara cara mengimplementasikan ilmu Al-Qur'an pada PAI di sekolah ialah:

A. Menceritakan sejarah turunnya
B. Menjelaskan maksud yang terkandung dalam terjemahannya
C. Memberi penekanan penjelasan pada ayat-ayat yang maknanya sering diselewengkan atau dinistakan, kemudian memberikan solusi atas isu penistaan ayat tersebut sehingga siswa tercerahkan.

Adapun kegiatan yang paling relevan di sekolah yaitu diadakan aneka lomba di akhir tahun pelajaran, misalnya:

A. Lomba Syarhil Qur'an
B. Lomba Tafsir Qur'an
C. Lomba Hifzhil Qur"an

Tergantung tingkat atau jenjang pendidikan.

3.
A.
Asbabun Nuzul adalah ilmu Al-Qur'an yang membahas tentang latar belakang atau sebab-sebab turunnya ayat Al-Qur'an. Ilmu ini biasa digunakan untuk memudahkan para Mufassir menemukan tafsir dan pemahaman suatu ayat berdasarkan kisah diturunkannya. Ilmu ini juga digunakan untuk menetapkan hukum berdasarkan hikmah di balik kisah diturunkannya.

Contohnya:

Surah Adh Dhuha turun pada waktu Dhuha sebagai bantahan atas pertanyaan berupa penghinaan yang dilontarkan oleh kaum kafir Mekah kepada Rasulullah. Mereka menganggap beliau tidak dipedulikan lagi oleh Allah, sehingga lama tidak menerima wahyu kenabian. Akhirnya Allah menjawab dengan surah ini.

Surah An-Nisa’ ayat 43 yang artinya berbunyi “Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu menghampiri sholat sedang kamu dalam keadaan mabuk sehingga kamu mengerti apa yang kamu ucapkan…” (QS.An-nisa’, 43) turun setelah ada seseorang mengimami sholat, sedangkan ia dalam keadaan mabuk, sehingga salah membaca surah Al-Kafirun. Dari peristiwa itu maka turun ayat tersebut.

Surah Al-Isra’ ayat 85 yang artinya berbunyi: “Dan mereka bertanya kepadamu tentang ruh, Katakanlah "Ruh itu termasuk urusan Tuhanku, dan tidaklah kamu diberikan pengetahuan melainkan sedikit”. (QS. Al-Isra’:85). Ayat ini turun setelah ada pertanyaan tentang sesuatu yang sedang merebak pada saat itu, yakni pertanyaan tentang ruh. Maka akhirnya turunlah ayat ini.

B.
Munasabah ialah sebuah ilmu Al-Qur'an yang membahas tentang pemahaman makna ayat secara komprehensif atau menyeluruh dengan menghubungkan antara ayat-ayat sebelum dan sesudahnya, antara pembuka ayat dan penutupnya, dan antar ayat dengan surah yang mempunyai kesesuaian tema.

Disamping kesesuaian, disebutkan oleh Imam As Suyuthi bahwa keterkaitan tersebut bisa berupa sabab dan musababnya, kesamaan dan lawannya.

Contohnya:

QS. Saba', 2 yang artinya berbunyi: "Dia mengetahui apa yang masuk ke dalam bumi, apa yang ke luar daripadanya, apa yang turun dari langit dan apa yang naik kepadanya. dan Dia-lah yang Maha Penyayang lagi Maha Pengampun." (QS. Saba', 2)

Pada ayat ini terdapat Munasabah di dalam satu ayat pada lawan katanya.

Ayat pertama dan kedua Surah Al Fil yang artinya berbunyi: "Apakah kamu tidak memperhatikan bagaimana Tuhanmu telah bertindak terhadap tentara bergajah." (QS Al-Fiil, 1) dan: "Bukankah Dia menjadikan tipu daya mereka itu sia-sia). (QS Al-Fiil, 2). Dua ayat ini ada kesesuaian hubungan antara ayat, sebelu dan sesudahnya.

Dua ayat yang tak boleh dipisahkan karena saling terkait atau bermunasabah, yg artinya: "Bunuhlah orang-orang musyrikin itu di mana saja kamu jumpai mereka, dan tangkaplah mereka. Kepunglah mereka dan intailah di tempat pengintaian." (QS. At-Taubah, 5) dan "... jika seorang diantara orang-orang musyrikin itu meminta perlindungan kepadamu, maka lindungilah ia supaya ia sempat mendengar firman Allah, kemudian antarkanlah ia ketempat yang aman baginya. Demikian itu disebabkan mereka kaum yang tidak mengetahui." (QS. At-Taubah, 6).

Apabila dua ayat tersebut dipisah atau sengaja tidak dikorelasikan dengan konsep munasabah maka kacaulah pemahaman umat. Jadi munasabah sangat penting untuk dipelajari.

C.
Makkiyah adalah sebutan untuk ayat atau surah Al Qur'an yang diturunkan di kota Mekah.
Contohnya:

Madaniyah adalah sebutan untuk ayat atau surah Al Qur'an yang diturunkan di kota Madinah.
Contohnya:

D.
Muhkam secara bahasa berasal dari kata ihkaam yang berarti kekukuhan, kesempurnaan, dan keseksamaan. Muhkam secara istilah adalah ayat- ayat yang maknanya sudah jelas dan tidak samar

Contohnya:

Sedangkan kata mutasyabih secara bahasa berasal dari kata tasyabuh yang berarti keserupaan dan kesamaran. Mutasyabih secara istilah adalah ayat-ayat yang maknanya belum jelas sehingga memerlukan pentakwilan untuk mengetahui maksudnya.

Contohnya:

E.
Secara etimologi, kata Al-Qashashu (القصص) jamak dari Qishshatu (القصة) berarti cerita, kisah, hikayat. Dalam Makna al-Qattan kata al-Qashshu berarti mencari atau mengikuti jejak.

Secara terminologi, Qashashul-Quran ialah kabar Al-Quran tentang keadaan-keadaan umat terdahulu dan kenabian di masa lalu beserta peristiwa-peristiwa yang telah terjadi. Al-Quran juga mengisahkan sejarah bangsa-bangsa dan keadaan negeri-negeri peninggalan umat-umat terdahulu.

4.
A1. Surat Thaha ayat 114

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ ۗ وَلَا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَىٰ إِلَيْكَ وَحْيُهُ ۖ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا
Maka Maha Tinggi Allah Raja Yang sebenar-benarnya, dan janganlah kamu tergesa gesa membaca Al-Qur’an sebelum disempurnakan wahyu kepadamu, dan katakanlah: “Ya Tuhanku, tambahkanlah kepadaku ilmu pengetahuan”.



B1. Surat Al-Kahf Ayat 68

وَكَيْفَ تَصْبِرُ عَلَىٰ مَا لَمْ تُحِطْ بِهِ خُبْرًا
Dan bagaimana kamu dapat sabar atas sesuatu, yang kamu belum mempunyai pengetahuan yang cukup tentang hal itu?"

C1. Surat Asy-Syu'ara' Ayat 83
رَبِّ هَبْ لِي حُكْمًا وَأَلْحِقْنِي بِالصَّالِحِينَ
(Ibrahim berdoa): "Ya Tuhanku, berikanlah kepadaku hikmah dan masukkanlah aku ke dalam golongan orang-orang yang saleh,

D1. Surat Al-Mujadilah Ayat 11

يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا إِذَا قِيلَ لَكُمْ تَفَسَّحُوا فِي الْمَجَالِسِ فَافْسَحُوا يَفْسَحِ اللَّهُ لَكُمْ ۖ وَإِذَا قِيلَ انْشُزُوا فَانْشُزُوا يَرْفَعِ اللَّهُ الَّذِينَ آمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ ۚ وَاللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Hai orang-orang beriman apabila dikatakan kepadamu: "Berlapang-lapanglah dalam majlis", maka lapangkanlah niscaya Allah akan memberi kelapangan untukmu. Dan apabila dikatakan: "Berdirilah kamu", maka berdirilah, niscaya Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan.

A2.
تَعَلَّمُوْاوَعَلِّمُوْاوَتَوَاضَعُوْالِمُعَلِّمِيْكُمْ وَلَيَلَوْا لِمُعَلِّمِيْكُمْ ( رَواهُ الطَّبْرَانِيْ)
"Belajarlah kamu semua, dan mengajarlah kamu semua, dan hormatilah guru-gurumu, serta berlaku baiklah terhadap orang yang mengajarkanmu,” (HR Tabrani).

B2.
طَلَبُ اْلعِلْمِ فَرِيْضِةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ وَ مُسْلِمَةٍ
رَوَاهُ ابْنُ عَبْدُالْبَر
"Mencari ilmu itu hukumnya wajib bagi muslimin dan muslimat”(HR. Ibnu Abdil Bari).

C2.
عَنْ اَبِي هُرَيْرَةَ رَضِىَ اللهُ عَنْهُ أَنَّ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: مَنْ سَلَكَ طَرِيْقًا يَلْتَمِسُ فِيْهِ عِلْمًا، سَهَّلَ اللهُ لَهُ طَرِيْقًا إِلَى الْجَنَّةِ". (رواه مسلم)
“Dari Abu Hurairah r.a. bahwasanya Rasulullah s.a.w bersabda: Barang siapa yang menempuh perjalanan dalam rangka menuntut ilmu, maka Allah akan memudahkan jalannya menuju surga”. (H.R. Muslim)

D2.
إِنَّ أَفْضَلَكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ القُرْآنَ وَعَلَّمَهُ»
“Sesungguhnya orang yang paling utama di antara kamu adalah orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya.” (HR. Bukhari, Ibnu Majah dan Ahmad)

5.
Hal-hal yang harus dikuasai guru adalah:

A. Materi pelajaran

Penguasaan materi pelajaran adalah syarat utama menjadi guru. Karena tanpa itu guru tidak akan bisa berkata apa-apa di depan kelas.

B. Metode pengajaran

Banyak metode yang bisa dipilih seorang guru dalam penyampaian materi pelajaran. Dalam hal ini ada banyak metode, misalnya metode ceramah, tanya jawab, pemecahan masalah, penugasan, dsb. Selanjutnya, guru menerapkannnya sesuai kebutuhan di kelas.

C. Keterampilan mendidik

Di samping mengajar atau selaku mu'allim, guru juga bertindak sebagai pendidik (murabbi). Pendidikan yang paling utama adalah akhlak (ta'dib). Akhlak yang paling mulia adalah sebagaimana dicontohkan Rasulullah.

D. Kesiapan menjadi Fasilitator 

Guru juga harus bisa mengkondisikan peserta didiknya supaya konsentrasi belajar dan tidak mengganggu temannya yang sedang belajar. Dan guru harus bisa mengambil tindakan kalau ada peserta didiknya melanggar aturan sekolah. Apapun pelanggaran anak harus mendapat sanksi sesuai aturan. Guru harus adil dalam pem
Share:

0 comments:

Post a Comment

Top Sepekan

Tag Labels