Blog arsip tugas kuliah dan berkas kerja duktik

tugasduktik.blogspot.com

Jul 15, 2023

Pengertian dan Contoh Identitas Nasional, Tugas PKn

Pengertian dan Contoh Identitas Nasional, Tugas PKn Semester 2 FITK, Tugas Kuliah



Soal:

Jelaskan apa yang dimaksud dengan identitas nasional dan bagaimana cara mempertahanknnya?

Jawaban:

Identitas Nasional adalah ciri khas yang dimiliki oleh suatu bangsa dan secara filosofis membedakan bangsa tersebut dengan bangsa lain. Contoh identitas bangsa Indonesia seperti: bendera kebangsaan yaitu: Saka Merah Putih, lagu kebangsaan, yaitu Indonesia Raya, bahasa nasional, yaitu Bahasa Indonesia, lambang negara, yaitu Burung Garuda.

Kemudian untuk mempertahankan identitas-identitas nasional tersebut harus dijaga oleh semua unsur bangsa, dari masyarakat terendah hingga pemangku jabatan tertinggi di dalam kenegaraan. Di dalam UUD 1945 sudah terdapat aturan mengenai instrumen-instrumen yang dikategorikan sebagai identitas nasional negara Indonesia. Diatur pula, lembaga penanggung jawab utamanya agar tetap dimiliki oleh bangsa dan tidak direbut bangsa lain. Kendati demikian, kita dapat ikut serta mempertahankannya sesuai kapasitas kita. Oleh karena itu kami menitip pesan sebagai usulan pribadi sebagai berikut:

1. Pertahankan Mapel dan Makul PKn, kawal dan evaluasi terus materinya supaya selalu relevan dengan problematika dan kebutuhan bangsa.

2. Kampanyekan melalui akun sosmed resmi pemerintah, kementrian, dinas, dan setiap instansi. Kalau perlu, update sebagai status serajin yang uplod joget-joget tak jelas itu.

3. Buat lomba atau kompetensi pada setiap ada hari besar nasional. Kalau perlu, siapkan hadiahnya melebihi koin yang diperuntukkan bagi pemilik top viewer.

4. Mari kita bikin status kebangsaan di akun sosmed kita, setidaknya 1 saja.

5. Bismillah.


-----
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels