Blog arsip tugas kuliah dan berkas kerja duktik

tugasduktik.blogspot.com

Jul 14, 2023

Tujuan Metodologi Studi Islam, Tugas MSI

Tujuan Metodologi Studi Islam, Tugas MSI Semester 2 FITK


Assalamu'alaikum.w.w.
Bpk/ibu mahasiswa sekalian, pada pertemuan ini kita akan berdiskusi mengenai tujuan mempelajari Metodologi Studi Islam yang didasarkan dengan QS. Al-Baqarah ayat 208 dan QS. Al-Anbiya ayat 107. Berikan tanggapan Bpk/ibu berdasarkan pemahaman atas dua ayat tersebut.

Presensi dilihat berdasarkan keaktifan dari tanggapan yang disampaikan di Portal. Terimakasih.

Tanggapan:

Wa'alaikum salam war. wab.

Allah SWT berfirman dalam QS al Baqarah : 208

يٰٓاَيُّهَا الَّذِيْنَ اٰمَنُوا ادْخُلُوْا فِى السِّلْمِ كَاۤفَّةً ۖوَّلَا تَتَّبِعُوْا خُطُوٰتِ الشَّيْطٰنِۗ اِنَّهٗ لَكُمْ عَدُوٌّ مُّبِيْنٌ

Wahai orang-orang yang beriman! Masuklah ke dalam Islam secara keseluruhan, dan janganlah kamu ikuti langkah-langkah setan. Sungguh, ia musuh yang nyata bagimu.

Allah SWT berfirman dalam QS al Anbiya' : 107

وَمَآ اَرْسَلْنٰكَ اِلَّا رَحْمَةً لِّلْعٰلَمِيْنَ

Dan Kami tidak mengutus engkau (Muhammad) melainkan untuk (menjadi) rahmat bagi seluruh alam.

Secara spesifik, ayat pertama di atas tidak menyampaikan tujuan metodologi studi islam. Tetapi di dalamnya terkandung anjuran atau perintah untuk mempelajarinya. Karena apabila seseorang masuk islam secara menyeluruh maka dia akan menemukan pelajaran2 berharga dalam kehidupan, termasuk metodologi studi islam.

Adapun ayat kedua di atas sangat tepat untuk dijadikan landasan tujuan metodologi studi islam. Karena puncak dari kesempurnaan islam seseorang apabila ia telah mencapai derajat sebagai rahmat bagi semesta, atau bermanfaat bagi seluruh alam. Dan derajat ini bisa diperoleh dari tempaan ilmu dan latihan komprehensif yang diantaranya melalui metodologi studi islam.

Begitulah tanggapan dari saya.

Trimakasih.
Share:

0 comments:

Post a Comment

Tag Labels