Blog arsip tugas kuliah dan berkas kerja duktik

tugasduktik.blogspot.com

  • Welcome to menu 1

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to menu 2

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to menu 3

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to menu 4

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to Menu 5'

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

Dec 21, 2022

Tugas Esai Bahasa Indonesia, Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh

 Tugas Esai Bahasa Indonesia, Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh Bagi Siswa dan Mahasiswa

Membuat Esai


EFEKTIVITAS PENDIDIKAN JARAK JAUH BAGI SISWA DAN MAHASISWA

 

Tidak ada yang meragukan, bahwa pendidikan sangat penting bagi setiap orang. Baik di kalangan anak-anak maupun dewasa. Maka tak heran kalau kita saksikan para orang tua berbondong-bondong mendatangi tempat pendaftaran pada saat penerimaan siswa baru. Mereka mendaftarkan anak-anak mereka untuk diterima sebagai peserta didik di lembaga pendidikan yang mereka minati. Begitu pula orang dewasa, mereka yang sadar akan pentingnya pendidikan, terus berupaya melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Belakangan ini, ada fenomena baru terkait pendidikan, khususya para dewasa. Mereka seakan-akan dibuai dengan pilihan sistem pendidikan model baru, dikenal dengan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Berbagai penawaran untuk menempuh PJJ sering diiklankan, baik di media elektronik maupun di media massa. Persyaratannya pun dikemas sesimpel mungkin supaya tidak membebani calon peserta didik, dalam hal ini mahasiswa, yang yang sedang dibidik.

 

Sistem pendidikan model PJJ merupakan sistem pendidikan kekinian. Akses pembelajarannya menggunakan sistem internet, seperti: pelajaran virtual (sinkronus), tugas virtual (asinkronus). Sistem pendidikan ini lazim disebut dengan kuliah online. Seluruh kegiatan belajar-mengajar menggunakan metode virtual. Artinya, interaksi antara siswa dan guru tidak dilakukan secara bertatapan muka langsung, melainkan secara virtual (tatap maya).

 

Pada awalnya, sekolah virtual dimulai dari Australia, Selandia Baru, Amerika Utara dan United States (Amerika Serikat). Sistem ini diakui baik karena disinkronkan dengan model terstruktur secara sosial dan dalam program masalah isolasi dan pembelajaran secara koresponden dan pertemuan berkala di dalam gedung sekolah. Gedung yang ada, dimanfaatkan untuk menjadi pos layanan berkala pada saat interaksi siswa dan guru, kadang-kadang menggunakan dua jalur transmisi radio, atau kadang melalui penyiaran di televisi. Selebihnya, siswa mempelajari materi pelajaran secara mandiri, kemudian bertemu dengan guru untuk ujian.

 

Kendati demikian, interaksi pelajaran pada pendidikan jarak jauh dibangun secara sosial virtual. Peserta didik berada dalam satu jaringan dengan guru melalui aplikasi yg disediakan oleh sekolah virtual. Baik melalui portal, email, atau media internet lain dalam penyampaian pelajaran. Siswa juga dapat berkomunikasi melalui telepon, chatting, atau berbagai macam kontak media sosial (medsos) utk dapat membuat pribadi semakin berkembang. Sehingga efektivitas sistem ini betul-betul samapai kepada peserta didik.

 

Pendidikan semacam ini pernah diterapkan hampir di seluruh sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan tinggi pada saat pendemi corona. Akan tetapi rupanya anak-anak, khususnya anak-anak bangsa Indonesia usia dini sampai menengah, belum bisa beradaptasi dengan sistem pendidikan ini. Sehingga tak jarang ditemukan para orang tua dibuat gregetan dengan gelagat anaknya yang memancing emosi sewaktu menerima pelajaran atau tugas online.

 

Memang belum ada hasil survey yang secara resmi menyatakan bahwa sekolah online tidak berhasil. Akan tetapi hampir semua lembaga pendidikan tingkat usia dini, dasar, dan menengah bersegera mengakhiri sistem pembelajaran virtual ini sebelum pandemi corona betul-betul bersih di bumi nusantara ini.

 

Namun di sisi lain, banyak Perguruan tinggi telah mengakomodir PJJ sekaligus menawarkan sistem ini melalui brosur, disebar di berbagai media sosial. Sasaran yang paling dituju diantaranya para guru senior, karyawan tidak tetap, buruh paruh waktu, freelancer, dan siswa tamatan SLTA berkebutuhan khusus mengajak untuk menjadi mahasiswa mereka.

 

Fenomina ini menunjukkan bahwa Pendidikan Jarak Jauh ada kalanya tidak diperlukan tetapi ada kalanya diperlukan. Eksistensinya bak dua sisi koin mata uang. Efektivitasnya bergantung pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Barangkali, ungkapan yang paling tepat untuk menyikapi sistem pendidikan ini adalah: "Setiap sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan." dan "Segala sesuatu pasti ada hikmahnya." Entahlahlah, siswakah atau mahasiswakah yang lebih memerlukan sistem pendidikan ini.

 

Berdasarkan penulusaran, Pendidikan Jarak Jauh mempunyai kelebihan tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

 

Berkurangnya biaya perjalanan yang dibutuhkan; dengan ketergantungan terhadap cuaca yg biasanya dapat mengganggu proses belajar.

Gangguan kesehatan baik itu penyakit ringan ataupun cedera, tidak akan menghentikan belajar, karena tuntutan untuk bertemu secara fisik tidak dibutuhkan.

Kondisi atau masalah keterbatasan fisik tidak mengganggu proses pembelajaran.

Sinkronisasi pelajaran secara langsung tidak memberi batasan pada zona dan waktu.

Integrasi melalui internet dapat menyediakan konten data yang diperlukan.

Pekerjaan paruh waktu yang dimiliki siswa, merupakan keuntungan dari jadwal fleksibel.

Menjangkau sekolah masyarakat di  pelosok yang terkendala dengan kekurangan staf pengajar atau minim fasilitas ruang belajar.

 

Sedangkan kekurangan Pendidikan Jarak Jauh, diantaranya sebagai berikut:

 

Biaya pembangunan jaringan bisa bertambah untuk menghindari perbedaan dalam akses internet yang berakibat pada kesenjangan secara digital.

 Isu-isu mengenai akreditasi terhadap penilaian lembaga pendidikan perlu perumusan terbarukan.

Tidak semua orang memiliki akses ke teknologi digital.

Pendidikan Jarak Jauh pada Sekolah Virtual atau Kuliah Online masih relatif baru, jarang ada metode yang mengevaluasi efektivitas sekolah ini.

Akuntabilitas terhadap absensi siswa tergolong rendah karena kurangnya kontribusi dari sekolah.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

id.m.wikipedia.orghttps://id.m.wikipedia.org › wikiSekolah virtual - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sekolah_virtual

Share:

Dec 20, 2022

Tugas IQ, Makna I'jaz atau Mukjizat Al-Quran

Tugas Kuliah Studi Ilmu Al-Quran (IQ) tentang Makna I'jaz atau Mukjizat Al-Quran, definisi, macam-macamnya, beserta contohnya.



Soal

Buatlah ringkasan I'jaz al Quran.


Jawaban:

 

Ringkasan tentang I’jaz atau Mukjizat Al-Qur’an

  1. Mukjizat berasal dari akar kata A’jaza – Yu’jizu yang berarti melemahkan. Mukjizat dimaksudkan sebagai sarana melemahkan pihak-pihak penentang al-Qur’an sekaligus sarana pembuktian atas kebenaran Nabi Muhammad SAW. Didefinisikan, bahwa Mukjizat al-Qur’an adalah kelebihan-kelebihan yang ada di dalam al-Qur’an sebagai bukti kebenaran yang berkaitan dengan diri Nabi, nubuwah dan risalah yang beliau bawa.
  2. Macam-macam I’jaz al-Quran:

a.      Mukjizat Material Indawi, bisa disaksikan dengan mata telanjang. Seperti api tidak membakar jasad Nabi Ibrahim, tongkat Nabi Musa berubah jadi ular, Nabi Isa menyembyhkan berbagai penyakit, dll.

b.      Mukjizat Immaterial Logis dan Kekal, tidak bersifat material tetapi abadi sepanjang zaman. Satu-satunya adalah Mukjizat al-Qur’an.

  1. Aspek-aspek Kemukjizatan al-Quran

a.      Mukjizat dari Aspek Bahasa

Al-Quran menggunakan Bahasa Arab yang kata dasarnya bisa dibentuk menjadi berbagai macam kata. Contohnya, kata (فَعَل) berarti: bekerja, tetapi bisa dibentuk ke bentuk lain (ditashrif) sehingga berarti: sedang bekerja, bekerjalah, pekerja, yang dikerjakan, tempatwaktu, dan alat bekerja, mempekerjakan, saling bekerja, dll.

-          Makhrojnya menakjubkan

Bunyi huruf-huruf al-Quran banyak yang mirip, tetapi jelas dengan keunikan tersendiri.

-          Kosa kata bahasa Arab atau al-Quran kaya dengan siinonim

Pemilihan kosa kata ini dapat memberikan pemahaman yang kuat terhadap maksud suatu ayat yang disampaikan. Contohnya lafaz (جَلَسَ) berarti duduk, tetapi setelah tidur/berbaring, sedangkan (قَعَد) berarti duduk, tetapi setelah berdiri.

-          Bahasa Arab atau bahasa al-Quran mempunyai tata bahasa yang detail.

Struktur kalimatnya, tidak hanya tersusun dari Subjek, Predikat dan Objek, tetapi ada Haal yang menerangkan keadaan, ada Taukid yang berfungsi sebagai penegasan, ada Tamyiz  yang berfungsi untuk meniadakan keasalahpahaman maksud, ada Badal yang berfungsi untuk memberikan maksud kata tertentu, dll.

-          Kemukjizatan dari Aspek Nada.

Bahsa Arab, khusunya bahsa al-Quran mempunyai tata cara baca yang unik. Ada panjang pendek bacaan, ada dengung, samar, pantulan huruf, dll. Jauh daripada itu, struktur ayat-ayat al-Quran ada yang puitis, prosa indah, dan bersajak menarik.

-          Kemukjizatan dari Aspek Kepadatan Isi, ketepatan Makna, dan Keseimbangan redaksi.

Bahsa al-Qur’an sangat simpel tetapi memiliki makna yang mendalam.

-          Kemukjizatan dari Aspek Kesempurnaan

Dari semua aspek yang disebutkan sebelumnya, menjukkan bahwa al-Quran sangat sempurna dari berbagai aspek, sebagai bukti bahwa al-Quran bukan buatan manusia, tetapi wahyu dari Allah Swt.

b.      Mukjizat dari Aspek Ilmiyah

Isi kandungan al-Qur’an selalu dapat dibuktikan secara ilmiah di zaman awal turun, di zaman ini, dan yang akan datang.

c.       Mukjizat dari Aspek Pemberitaan Ghaib

Al-Qur’an dapat mengungkap sesuatu yang dianggap Ghaib atau musnah. Contohnya jazad Fir’aun

d.      Mukjizat dari Aspek Penetapan Hukum

Hukum yang terkandung dalam al-Qur’an selalu lebih unggul daripada hukum-hukum buatan manusia.

e.      Mukjizat Hidayah Bagi Ilmuwan Penentang al-qur’an

Mereka akan mentok dengan pemikirannya sendiri dan akhirnya menyerah, takluk, tunduk, seraya mengucap dua kalimat syahadat.

           

 

 

 

Share:

Dec 17, 2022

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT

Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT atau perusahaan. Contoh surat ini bisa dicopy paste langsung dari laman situs Tugas DukTik ini, akan tetapi kemungkinan format suratnya tidak serapi di format aslinya. Format yg asli bisa diunduh atau di download di link yg disediakan di bawah contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT

Gunung Mulia, 18 Desember 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan. PT. APDB
Di
Tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari teman, bahwa PT. APDB sedang membuka lowongan pekerjaan. Maka dengan ini saya berminat melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut ini data diri saya:

Nama : Agus Budianto
Tempat Tanggal Lahir : Gunung Mulia, 19 September 1981
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : SLTA
Alamat Domisili : RT 8 RW 3 Gunung Mulia
No Telepon dan WA : 082355552258

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Fotocopy KTP;
2. Fotocopy Kartu Keluarga;
3. Fotocopy Ijazah Terakhir;
4. Fotocopy Surat Keterangan/Pengalaman Kerja;
5. Sertifikat Vaksin 1, 2 dan 3;
6. Pas Foto 4x6 2 lembar;
7. Surat rekomendasi dari Lurah.

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya dapat diterima di PT. APDB. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ttd
Agus Budianto

Link Download;



Share:

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru

Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru. Contoh bisa dicopy paste langsung dari laman situs Tugas DukTik ini, akan tetapi kemungkinan format suratnya tidak serapi di format aslinya. Format yg asli bisa diunduh atau di download pada link yg disediakan di bawah contoh surat Lamaran Kerja menjadi guru ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru

Bukit Tinggi, 19 Desember 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA 2 Bukit Tinggi
Di
Tempat

Dengan Hormat,

Berkenaan dengan informasi yang beredar di masyarakat tentang adanya lowongan guru Bahasa Inggris di SMA 2 Bukit Tinggi ini, maka saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut di atas. Berikut ini data diri saya:

Nama : Uswatun Hasanah
Tempat Tanggal Lahir : Bukit Tinggi, 05 Januari 2000
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, UIN
Alamat Domisili : Jl. Merdeka Nomor 14 Bukit Tinggi
No Telepon dan WA : 087744447667

Saat kuliah, saya pernah menjadi tutor Bahasa Inggris di beberapa lembaga kursus Bahasa Inggris dan les private untuk murid SMP dan SMA. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu kepala sekolah, bersama ini saya juga lampirkan:

1. Riwayat Hidup;
2. Fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir;
3. Fotokopi KTP;
4. SKCK yang masih berlaku;
5. Sertifikat Vaksin ke 2;
6. Pas Foto 4x6 2 lembar;

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ttd
Uswatun Hasanah

Link Download:



Itulah Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru. Semoga bermanfaat. Salam DukTik!
Share:

Arsip Tugas Kuliah Bahasa Arab Task 11-15

Arsip Tugas Kuliah Bahasa Arab Task 11-15

Soal Test Formatif dan Normatif

Arsip Tugas Kuliah Bahasa Arab Part 3



Arsip Tugas Kuliah Bahasa Arab Task 11-15

Al-Kitabah
Soal Nomor 1
ما المرادف من الكلمات اللاتي تحتها خط؟
أدرس في كلية أصول الدين
a.أقضي
b.أقوم
c.أنام
d.أتعلم
Jawaban sebenarnya adalah:
أتعلم

Soal Nomor 2
ما المرادف من الكلمات اللاتي تحتها خط؟
إبراهيم طالب نجيب
a.أستاذ
b.معلم
c.تلميذ
d.مدرس
Jawaban sebenarnya adalah:
تلميذ

Soal Nomor 3
ما المضاد من الكلمات اللاتي تحتها خط؟
تبدأ الدراسة في الساعة الثامنة
a.ترجع
b.تجلس
c.تنتهي
d.تقضي
Jawaban sebenarnya adalah:
تنتهي

Soal Nomor 4
ما المضاد من الكلمات اللاتي تحتها خط؟
سأكون قاضيا في المستقبل إن شاء الله
a.القادم
b.الغد
c.المدرسة
d.الماضي
Jawaban sebenarnya adalah:
الماضي

Soal Nomor 5
ما الكلمات الغريبة من المجموعات الآتية؟
a.تاجر
b.مدرس
c.فلاح
d.كتاب
Jawaban sebenarnya adalah::
كتاب

Soal Nomor 6
ملأ الفراغ بالكلمة المناسبة!
..... الدراسةُ في الساعة الثامنة صباحا
a.أبدأ
b.تبدأ
c.يبدأ
d.نبدأ
Jawaban sebenarnya adalah:
تبدأ

Soal Nomor 7
أدرس ..... حصص في اليوم
a.واحد
b.ثلاثة
c.أربع
d.اثنان
Jawaban sebenarnya adalah:
أربع

Soal Nomor 8
أدرس في كلية التربية، سأكون ..... في المستقبل
a.داعيا
b.لاعبا
c.تاجرا
d.مدرسا
Jawaban sebenarnya adalah:
مدرسا

Soal Nomor 9
في ..... أقرأ الكتاب وأكتب الدرس
a.الفصل
b.الحمام
c.المسجد
d.المقصف
Jawaban sebenarnya adalah:
الفصل
---------------------------
At-Tarkib
Soal Nomor 1
أين خبر ليس من الجمل الآتية
ليس الطبيب يساعد بل يعالج المرضى
a.ليس
b.يعالج
c.يساعد
d.الطبيب
Jawaban sebenarnya adalah:
يساعد

Soal Nomor 2
أين خبر ليس من الجمل الآتية
أنا فلاَّحٌ لَسْتُ طالبا
a.طالبا
b.ليس
c.فلّاح
d.أنا
Jawaban sebenarnya adalah:
طالبا

Soal Nomor 3
هل عبد الله طالب فى الجامعة ؟ لا...... عبد الله مدرّسا بل طالب
a.ليس
b.ليستْ
c.لستَ
d.لستِ
Jawaban sebenarnya adalah:
ليس

Soal Nomor 4
إسم ليس من الجمل الآتية ؟
مرْيَمُ هِىَ أختى، لَيْسَتْ أمّى
a.هى/تْ
b.ليست
c.أمى
d.أخى
Jawaban sebenarnya adalah:
هى/تْ

Soal Nomor 5
Manakah Terjemah Bahasa Arab yang tepat dari kalimat berikut ?
"Pelajaran kita Hari ini Bahasa Arab dan bukan bahasa Inggris"
a. درسنا اليوم اللغة الإنجليزيّة و ليستْ اللغة العربيّة
b.درسنا اليوم اللغة العربيّة و ليس اللغة الإنجليزيّة
c. درسنا اليوم اللغة الإنجليزيّة و ليس اللغة العربيّة
d. درسنا اليوم اللغة العربيّة و لستِ اللغة الإنجليزيّة
Jawaban sebenarnya adalah:
درسنا اليوم اللغة العربيّة و ليس اللغة الإنجليزيّة

Soal Nomor 6
Manakah Terjemah Bahasa Arab yang tepat dari kalimat berikut?
Muhammad Ayahku bukan guruku
a. محمدّ أبّى لستِ مدرّسى
b. محمدّ أبّى لستُ مدرّسى
c. محمدّ أبّى ليس مدرّسى
d.محمدّ أبّى ليست مدرّسى
Jawaban sebenarnya adalah:
محمدّ أبّى ليس مدرّسى

Soal Nomor7
أين إسم ليس من الجمل الآتية ؟
لَيْسَتِ المكْتَبَةُ أَمَامَ المسْجِدِ
a.المكتبة
b.ليست
c.المسجد
d.أمام
Jawaban sebenarnya adalah:
المكتبة

Soal Nomor 8
 . ......أَنَا طَالِبٌ لَسْتُ
a.مدرّسٌ
b.مدرّسُ
c.مدرّسٍ
d.مدرّساً
Jawaban sebenarnya adalah:
مدرّساً

Soal Nomor 9
إسم ليس من الجمل الآتية ؟
يَا فَاطِمَةُ، لَسْتِ مُدَرِّسَةً بَلْ طَالِبَةٌ
a.طالبة
b.أنتِ
c.مدرّسة
d.أنتَ
Jawaban sebenarnya adalah:
أنتِ

Soal Nomor 10
فاطمة طبيبة ...... ممرضةً
a.ليس
b.لستِ
c.ليستْ
d.لستَ
Jawaban sebenarnya adalah:
ليستْ

Al-Insya' 
Soal:
Buatlah karangan bebas (al-insya al-hurr) tentang (الدراسة)dengan menggunakan lima kalimat atau lebih kemudian kirimkan tugas anda tersebut dalam format PDF

Jawaban:

السلام عليكم ورحمة الله وبركاته. أيها الاخوة, أنا طالب في الجامعة الاسلامية الحكومية الشيخ نور جاتي شيربون. أدْرُسُ فيه في الكلية التربية في قسم اللغة العربية. أدرُس اللغة العربية أربعَ خصص في الأسبوع. وأدرس لكل مادة غيرها خصة واحدة. تُبدأ الدراسة في الساعة السابعة صباحا وتنتهي في الساعة الواحدة نهارا.
الآن وقتُ الاستراحة. أنا أذهب الى المقصف مع أصدقائي. أشتري فيه المأكولات والمشروبات. وأصحابي كذلك. نحن نأكل ونشرب معا، و نتحدث عن الدراسة التي نحن ندرُسها، ونتساءل عن الدراسة التي لانفهمها. وبعد الاستراحة ندخُل الفصلَ لمتابعةِ الدراسة الباقية. وقد دق الجرس. فسأدخُل الفصلَ فورا
والسلام عليكم ورحمة الله بركاته

Tugas Bahasa Arab
Al Kitabah wa at Tarkib
Ubahlah (ليس) sesuai dengan isimnya ( أنتَ ـ أنتِ ـ هي ـ  )!
Jawaban:
ليس حسن مدرسا في جامعة الشيخ نور جاتي الإسلامية الحكومية شربون، بل هو طالب. هو طالب قوي وليس طالبا ضعيفا.
ــــــــــــــــــــ
هِيَ حَسَنَةْ. لَيْسَتْ حَسَنَةْ مدرِّسَةً في جامعة الشيخ نور جاتي الإسلامية الحكومية شربون، بل هِيَ طالبَةٌ. هِيَ طالبَةٌ قويَّةً وَ لَيْسَتْ طالبَةً ضعيفَةً.
ــــــــــــــــــــ
أنتَ حسن. لَسْتَ مدرسا في جامعة الشيخ نور جاتي الإسلامية الحكومية شربون، بل أنتَ طالب. أنتَ طالب قوي وَ لَسْتَ طالبا ضعيفا.
ــــــــــــــــــــ
انْتِ حُسْنَى. لَسْتِ مدرِّسَةً في جامعة الشيخ نور جاتي الإسلامية الحكومية شربون، بل انْتِ طالبَةٌ. انْتِ طالبَةٌ قويَّةً وَ لَسْتِ طالبَةً ضعيفَةً.
    

Share:

Dec 14, 2022

Tugas IQ, Soal Jawab Nasikh Mansukh

Tugas Ilmu Al-Quran (IQ) tentang Nasikh Mansukh berupa Soal Jawab dan menyertakan rekaman, diupload ke Google Form dan Channel Youtube. Link tugas terkait presentasi aqsam al-quran terdapat di bawah.

Tugas IQ, Soal Jawab Nasikh Mansukh

Pertemuan 10:

resume materi, mengikuti diskusi, dan mengerjakan tugas

FILE SOAL        ABSTRAKSI      

Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan jelas dan sistematis. Gunakan modul yang telah disediakan, terutama pada tema materi pertemuan ke 10 tentang Nasikh Mansukh

 

  1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan nasikh mansukh dalam al quran?
  2. apa syarat nasikh mansukh dalam al quran? jelaskan pendapat anda!
  3. tuliskan contoh ayat nasikh mansukh dalam al quran lengkap dengan terjemah, minimal 2 ayat.
  4. Buatlah rangkuman materi pertemuan ke 10 tentang Nasikh Mansukh
  5. Buatlah video presentasi materi pertemuan 9, dan kumpulkan file video melalui link berikut https://forms.gle/hCBcJs6gha6kHjRm7.

 

Jawaban:

 

1.    Nasikh dalam al-Quran maksudnya adalah ayat yang menghapus keadaan atau hukum suatu ayat sebelumnya. Mansukh adalah ayat yang dihapus keadaan atau hukumnya oleh suatu ayat sesudahnya.

Dalial tentang nasikh mansukh adalah:

مَا نَنْسَخْ مِنْ آيَةٍ أَوْ نُنْسِهَا نَأْتِ بِخَيْرٍ مِنْهَا أَوْ مِثْلِهَا (البقرة ، ٢:١٠٦)

Ayat mana saja yang Kami nasakhkan, atau Kami jadikan (manusia) lupa kepadanya, Kami datangkan yang lebih baik daripadanya atau yang sebanding dengannya.  (QS. Al-Baqarah, 2:106)

 

2. Syarat nasikh mansukh adalah sebagai berikut :

a)  Nasikh harus terpisah dari mansukh.

b)  Nasikh harus lebih kuat atau sama kuatnya dengan mansukh.

c)  Nasikh harus berupa dalil-dalil syara’

d Mansukh tidak dibatasi pada suatu waktu

e)  Mansukh harus hukum-hukum syara’

 

3.  Contoh ayat nasikh-mansukh adalah sebagai berikut:

a) Surat Al-Mujadalah Ayat 12 dimansukh oleh Surat Al-Mujadalah Ayat 13

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُوٓا۟ إِذَا نَٰجَيْتُمُ ٱلرَّسُولَ فَقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىْ نَجْوَىٰكُمْ صَدَقَةً ۚ ذَٰلِكَ خَيْرٌ لَّكُمْ وَأَطْهَرُ ۚ فَإِن لَّمْ تَجِدُوا۟ فَإِنَّ ٱللَّهَ غَفُورٌ رَّحِيمٌ

Hai orang-orang beriman, apabila kamu mengadakan pembicaraan khusus dengan Rasul hendaklah kamu mengeluarkan sedekah (kepada orang miskin) sebelum pembicaraan itu. Yang demikian itu lebih baik bagimu dan lebih bersih; jika kamu tidak memperoleh (yang akan disedekahkan) maka sesungguhnya Allah Maha Pengampun lagi Maha Penyayang. (Al-Mujadalah, 12)

 

 

ءَأَشْفَقْتُمْ أَن تُقَدِّمُوا۟ بَيْنَ يَدَىْ نَجْوَىٰكُمْ صَدَقَٰتٍ ۚ فَإِذْ لَمْ تَفْعَلُوا۟ وَتَابَ ٱللَّهُ عَلَيْكُمْ فَأَقِيمُوا۟ ٱلصَّلَوٰةَ وَءَاتُوا۟ ٱلزَّكَوٰةَ وَأَطِيعُوا۟ ٱللَّهَ وَرَسُولَهُۥ ۚ وَٱللَّهُ خَبِيرٌۢ بِمَا تَعْمَلُونَ

Apakah kamu takut akan (menjadi miskin) karena kamu memberikan sedekah sebelum mengadakan pembicaraan dengan Rasul? Maka jika kamu tiada memperbuatnya dan Allah telah memberi taubat kepadamu maka dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat, taatlah kepada Allah dan Rasul-Nya; dan Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan. (Al-Mujadalah Ayat 13)

 

b. Surat Al-Baqarah Ayat 240 dimansukh oleh Surat Al-Baqarah Ayat 234

وَٱلَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَٰجًا وَصِيَّةً لِّأَزْوَٰجِهِم مَّتَٰعًا إِلَى ٱلْحَوْلِ غَيْرَ إِخْرَاجٍ ۚ فَإِنْ خَرَجْنَ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِى مَا فَعَلْنَ فِىٓ أَنفُسِهِنَّ مِن مَّعْرُوفٍ ۗ وَٱللَّهُ عَزِيزٌ حَكِيمٌ

Dan orang-orang yang akan meninggal dunia di antara kamu dan meninggalkan isteri, hendaklah berwasiat untuk isteri-isterinya, (yaitu) diberi nafkah hingga setahun lamanya dan tidak disuruh pindah (dari rumahnya). Akan tetapi jika mereka pindah (sendiri), maka tidak ada dosa bagimu (wali atau waris dari yang meninggal) membiarkan mereka berbuat yang ma'ruf terhadap diri mereka. Dan Allah Maha Perkasa lagi Maha Bijaksana. (Al-Baqarah Ayat 240)

 

Surat Al-Baqarah Ayat 234

وَٱلَّذِينَ يُتَوَفَّوْنَ مِنكُمْ وَيَذَرُونَ أَزْوَٰجًا يَتَرَبَّصْنَ بِأَنفُسِهِنَّ أَرْبَعَةَ أَشْهُرٍ وَعَشْرًا ۖ فَإِذَا بَلَغْنَ أَجَلَهُنَّ فَلَا جُنَاحَ عَلَيْكُمْ فِيمَا فَعَلْنَ فِىٓ أَنفُسِهِنَّ بِٱلْمَعْرُوفِ ۗ وَٱللَّهُ بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ

Orang-orang yang meninggal dunia di antaramu dengan meninggalkan isteri-isteri (hendaklah para isteri itu) menangguhkan dirinya (ber'iddah) empat bulan sepuluh hari. Kemudian apabila telah habis 'iddahnya, maka tiada dosa bagimu (para wali) membiarkan mereka berbuat terhadap diri mereka menurut yang patut. Allah mengetahui apa yang kamu perbuat. (Al-Baqarah Ayat 234)

 

4. Kesimpulan dari materi ini adalah bahwa:

a) Nasikh adalah suatu ayat yang menghapuskan atau membatalkan ayat lainnya, baik  dari segi keadaan atau hukumnya.

b) Mansukh adalah yang dihapus atau dibatalkan oleh nasikh.

c) Sebagian besar ulama (Jumhur) bersepakat adanya nasikh berdasarkan nash Al Qur’an dan sunnah. Diantara nash atau dalilnya yaitu Al-Baqarah ayat 106, sebagaimana pada jawaban nomor 1. Ulama yang tidak sependapat dengan ini diantaranya ialah Abu Muslim al-Isfahani.

d) Nasikh mansukh itu ada dan terjadi pada sebagian hukum-hukum syari’at semata-mata untuk kemaslahatan ummat.

e) Nasikh mansukh terjadi pada penetapan hukum-hukum yang berhubungan dengan halal dan haram.

5.  Video sudah dikirim ke link G-form dan diupload ke Youtube:

https://youtu.be/9DwuO2DpVDU

Share:

Top Sepekan

Tag Labels