Blog arsip tugas kuliah dan berkas kerja duktik

tugasduktik.blogspot.com

  • Welcome to menu 1

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to menu 2

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to menu 3

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to menu 4

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

  • Welcome to Menu 5'

    Selamat datang di blog kami. Semoga Anda mendapatkan sesuatu yang berarti.

Dec 23, 2022

Tugas IH, Definisi Hadits Shahih dan Macam2nya

Tugas IH, Ilmu Hadits Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan, tentang Definisi Hadits Shahih dan Macam2nya.

Apa yang dimaksud dengan Hadis Soheh? Jelaskan!
Sebutkan macam2nya Hadis Soheh!
Berilah contohnya!

Tugas iH, Definisi Hadits Shahih dan Macam2nya

DEFINISI HADITS SHAHIH

Hadits Shahih adalah hadits yang sanadnya tersambung, diriwayatkan oleh perawi yang adil dan dhabit, berasal dari perawi lain yang adil dan dhabit juga, sampai akhir sanad. Hadits shahih tidak boleh bersifat janggal dan tidak mengandung cacat.

KRITERIA HADITS SHAHIH

1. Dari aspek Sanad

a. Semua perawi dalam sanad haruslah bersifat adil
b. Semua perawi dalam sanad harusl bersifat dhabit
c. Sanad (jalur) hadits bersambung
d. Tidak janggal (syadh)
e. Tidak ada cacat (illat).

2. Dari aspek Matan

• Isi kandungan matan tidak boleh bertentangan dengan Al Qur’an atau Hadits Mutawatir walaupun keadaan perawi sudah memenuhi syarat
• Isi kandungan matan tidak boleh bertentangan dengan pendapat yang disepakati ulama atau bertentangan dengan keterangan ilmiah yang kebenarannya sudah dapat dipastikan secara sepakat oleh para ilmuan.

MACAM-MACAM HADITS SHAHIH

HADITS SHAHIH LI DHATIHI
Ialah hadits yang memenuhi syarat-syarat hadits secara lengkap, yaitu sanadnya bersambung, diriwayatkan oleh orang yang adil, kuat ingatannya, berasal dari orang yang seumpama itu juga, berturut- turut sampai penghujung sanad, dan terhindar dari hal yang janggal dan cacat.

HADITS SHAHIH LI GHOIRIHI
Ialah hadits shahih karena sebab lainnya, baik karena dikuatkan oleh jalur sanad atau keterangan pendukung lainnya. Hadits ini menjadi shahih karena diperkuat dengan hadis-hadis lain. Sekiranya hadis yang memperkuat itu tidak ada maka hadis tersebut tergolong sebagai hadis hasan. Hadits Shahih li ghairihi merupakan hadis yang tingkatannya berada dibawah tingkatan hadits shahih li dzatihi.

CONTOH HADITS SHAHIH LI DZATIHI

لَا يَدْخُلُ الْجَنَّةَ مَنْ كَانَ فِي قَلْبِهِ مِثْقَالُ ذَرَّةٍ مِنْ كِبْرٍ
Artinya:
Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sebiji dzarrah dari kesombongan (HR. Muslim)

ONTOH HADITS SHAHIH LI GHAIRIHI

(لولاَ أن أَشُقَّ عَلَى أُمَّتِي؛ لَأَمَرتُهُم بِالسِّوَاك عِندَ كُلِّ صَلاَة).
Seandainya aku tidak menyusahkan umatku pastilah aku perintahkan mereka untuk bersiwak setiap akan shalat. (HR. bukhori dan AtTirmidzi).

Share:

Tugas Menulis Esai Bahasa Indonesia

Tugas Menulis Esai Bahasa Indonesia dari awal sampai akhir.

Tugas Menulis Esai Bahasa Indonesia

Pengertian Esai

Esai adalah tulisan yang mengulas suatu permasalahan sepintas lalu dan tidak memberikan jalan keluar secara terinci. Esai merupakan cermin kepribadian penulisnya. Artinya, seseorang esais menulis sesuatu permasalahan dengan perasaannya, pikirannya, atau apa pun yang hidup dalam dirinya (Wibowo, 2008:4). Persoalan yang menjadi bahan tulisan dalam esai dijadikan persoalan kembali.


Ciri-Ciri Esai

Berbentuk prosa,

Bersifat argumentatif,

Singkat,

Berisi kesan sesaat,

Tidak menyajikan pemecahan masalah,

Proporsi bagian karangan tidak dipersoalkan.


Susunan Esai

Pertama : Mengeksplorasi Isu

Kedua : Menuliskan latar belakang permasalahan atau peristiwa yang memunculkan isu

Ketiga : Memilih simbol atau lambang yang akan  mempertegas isu tersebut

Keempat: Memilih model penulisan: deskripsi, analogi, simbolik, atau lainnnya.


Langkah Terakhir

Membaca ulang tulisan esai tersebut

Melakukan revisi Isi bila diperlukan, meliputi: 

Bahasa (kata/diksi)

Kalimat  

Paragraf (kohesi, koherensi, unity)

Ejaan dan  tanda baca.

Contoh Esai

Diposting sebelum ini.
Share:

Dec 22, 2022

Tugas Soal Jawab MK Pancasila

Tugas Soal Jawab Mata Kuliah, MK Pendidikan Pancasila (PP)

Pertanyaan dan Jawaban

Pendidikan Pancasila Semester 1 Akhir


Soal Jawab Mata Kuliah Pancasila


Berikan jawaban kalian yang paling relevan berdasarkan argumen pribadi masing-masing, dengan singkat, padat, dan Jelas.

Soal:
Jelaskan Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu.
Jawaban:
Betul. Pancasila sebagai dasar nilai pengembangan ilmu karena ilmu-ilmu, utamanya yang diajarkan di sekolah-sekolah dan Perguruan Tinggi di Indonesia mengacu kepada isi Pancasila dan pengembangannya tidak melampaui batasan-batasan yang ditentukan dalam Pancasila. Dengan kata lain, korelasi Pancasila dan ilmu yang diajarkan di Indonesia selalu seiring sejalan supaya tidak ada ketimpangan dalam penerapan hukum dan peraturan yang diberlakukan.

Soal:
Jelaskan pendapat masing-masing tentang Konsep Ideologi Pancasila dan Agama.
Jawaban:
Kita ketahui bahwa Konsep Ideologi Pancasila adalah kumpulan nilai dan norma yang menjadi landasan keyakinan dan cara berpikir untuk mencapai tujuan berdasarkan lima sila (5 dasar). Sedangkan Konsep Ideologi agama, khususnya Islam, adalah kumpulan hukum dan aturan agama yang harus dijalankan berdasarkan Al-Quran dan As-Sunnah. Kedua konsep ideologi tersebut tampak seakan ada perbedaan, akan tetapi kenyataannya tidak. Karena Konsep Ideologi Pancasila berdasarkan kepada Ketuhanan yang Maha Esa, dimana di dalam dasar ini selalu menjunjung konsep ideologi agama.

Soal:
Jelaskan pendapat masing-masing tentang Konsep Filsafat dan Hakikat sila-sila Pancasila.
Jawaban:
Konsep Filsafat Pancasila yang terdapat pada sila-silanya mengandung pemikiran dan selalu memiliki hubungan antara manusia dengan dirinya sendiri, Tuhannya, orang-orang di sekitarnya, dan alam yang dipijakinya. Sedangkan Konsep Hakekat yang terdapat pada sila-sila Pancasila merupakan intisari tujuan penerapan Konsep Filsafat tersebut. Dengan adanya konsep Filsafat dan Hakekat maka sila-sila Pancasila diharapkan dapat mewujudkan kebaikan semesta dan keharmonisan seluruh penduduk bumi umumnya, bangsa Indonesia khususnya.

Soal:
Jelaskan makna Etika, Nilai, Norma dan Karakter, jika dikaitkan dengan Pancasila.
Jawaban:
Makna etika adalah watak kesusilaan atau adat, moral berarti adat atau cara hidup, nilai menunjukkan sifat atau kuaitas yang sedang dinilai, sedangkan karakter merupakan sifat kejiwaan. Pancasila merangkum kesemuanya dalam dasar-dasar yang esensial sehingga menjadi lima sila.

Soal:
Tuliskan apa yang kalian pahami tentang pancasila serta Pandangannya setelah menyelesaikan Mata Kuliah ini.
Jawaban:
Menurut kami pribadi, Pancasila merupakan poin-poin utama yang sangat mendasar untuk dijadikan pijakan dalam menentukan peraturan-peraturan sosial kemasyarakatan dan hukum-hukum kenegaraan di Indonesia.
Tugas Soal Jawab MK Pancasila dinyatakan selesai.

Share:

Dec 21, 2022

Tugas Esai Bahasa Indonesia, Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh

 Tugas Esai Bahasa Indonesia, Efektivitas Pendidikan Jarak Jauh Bagi Siswa dan Mahasiswa

Membuat Esai


EFEKTIVITAS PENDIDIKAN JARAK JAUH BAGI SISWA DAN MAHASISWA

 

Tidak ada yang meragukan, bahwa pendidikan sangat penting bagi setiap orang. Baik di kalangan anak-anak maupun dewasa. Maka tak heran kalau kita saksikan para orang tua berbondong-bondong mendatangi tempat pendaftaran pada saat penerimaan siswa baru. Mereka mendaftarkan anak-anak mereka untuk diterima sebagai peserta didik di lembaga pendidikan yang mereka minati. Begitu pula orang dewasa, mereka yang sadar akan pentingnya pendidikan, terus berupaya melanjutkan pendidikan mereka ke jenjang yang lebih tinggi.

 

Belakangan ini, ada fenomena baru terkait pendidikan, khususya para dewasa. Mereka seakan-akan dibuai dengan pilihan sistem pendidikan model baru, dikenal dengan Pendidikan Jarak Jauh (PJJ). Berbagai penawaran untuk menempuh PJJ sering diiklankan, baik di media elektronik maupun di media massa. Persyaratannya pun dikemas sesimpel mungkin supaya tidak membebani calon peserta didik, dalam hal ini mahasiswa, yang yang sedang dibidik.

 

Sistem pendidikan model PJJ merupakan sistem pendidikan kekinian. Akses pembelajarannya menggunakan sistem internet, seperti: pelajaran virtual (sinkronus), tugas virtual (asinkronus). Sistem pendidikan ini lazim disebut dengan kuliah online. Seluruh kegiatan belajar-mengajar menggunakan metode virtual. Artinya, interaksi antara siswa dan guru tidak dilakukan secara bertatapan muka langsung, melainkan secara virtual (tatap maya).

 

Pada awalnya, sekolah virtual dimulai dari Australia, Selandia Baru, Amerika Utara dan United States (Amerika Serikat). Sistem ini diakui baik karena disinkronkan dengan model terstruktur secara sosial dan dalam program masalah isolasi dan pembelajaran secara koresponden dan pertemuan berkala di dalam gedung sekolah. Gedung yang ada, dimanfaatkan untuk menjadi pos layanan berkala pada saat interaksi siswa dan guru, kadang-kadang menggunakan dua jalur transmisi radio, atau kadang melalui penyiaran di televisi. Selebihnya, siswa mempelajari materi pelajaran secara mandiri, kemudian bertemu dengan guru untuk ujian.

 

Kendati demikian, interaksi pelajaran pada pendidikan jarak jauh dibangun secara sosial virtual. Peserta didik berada dalam satu jaringan dengan guru melalui aplikasi yg disediakan oleh sekolah virtual. Baik melalui portal, email, atau media internet lain dalam penyampaian pelajaran. Siswa juga dapat berkomunikasi melalui telepon, chatting, atau berbagai macam kontak media sosial (medsos) utk dapat membuat pribadi semakin berkembang. Sehingga efektivitas sistem ini betul-betul samapai kepada peserta didik.

 

Pendidikan semacam ini pernah diterapkan hampir di seluruh sekolah dari tingkat Taman Kanak-Kanak sampai Perguruan tinggi pada saat pendemi corona. Akan tetapi rupanya anak-anak, khususnya anak-anak bangsa Indonesia usia dini sampai menengah, belum bisa beradaptasi dengan sistem pendidikan ini. Sehingga tak jarang ditemukan para orang tua dibuat gregetan dengan gelagat anaknya yang memancing emosi sewaktu menerima pelajaran atau tugas online.

 

Memang belum ada hasil survey yang secara resmi menyatakan bahwa sekolah online tidak berhasil. Akan tetapi hampir semua lembaga pendidikan tingkat usia dini, dasar, dan menengah bersegera mengakhiri sistem pembelajaran virtual ini sebelum pandemi corona betul-betul bersih di bumi nusantara ini.

 

Namun di sisi lain, banyak Perguruan tinggi telah mengakomodir PJJ sekaligus menawarkan sistem ini melalui brosur, disebar di berbagai media sosial. Sasaran yang paling dituju diantaranya para guru senior, karyawan tidak tetap, buruh paruh waktu, freelancer, dan siswa tamatan SLTA berkebutuhan khusus mengajak untuk menjadi mahasiswa mereka.

 

Fenomina ini menunjukkan bahwa Pendidikan Jarak Jauh ada kalanya tidak diperlukan tetapi ada kalanya diperlukan. Eksistensinya bak dua sisi koin mata uang. Efektivitasnya bergantung pada situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Barangkali, ungkapan yang paling tepat untuk menyikapi sistem pendidikan ini adalah: "Setiap sesuatu memiliki kelebihan dan kekurangan." dan "Segala sesuatu pasti ada hikmahnya." Entahlahlah, siswakah atau mahasiswakah yang lebih memerlukan sistem pendidikan ini.

 

Berdasarkan penulusaran, Pendidikan Jarak Jauh mempunyai kelebihan tersendiri, diantaranya sebagai berikut:

 

Berkurangnya biaya perjalanan yang dibutuhkan; dengan ketergantungan terhadap cuaca yg biasanya dapat mengganggu proses belajar.

Gangguan kesehatan baik itu penyakit ringan ataupun cedera, tidak akan menghentikan belajar, karena tuntutan untuk bertemu secara fisik tidak dibutuhkan.

Kondisi atau masalah keterbatasan fisik tidak mengganggu proses pembelajaran.

Sinkronisasi pelajaran secara langsung tidak memberi batasan pada zona dan waktu.

Integrasi melalui internet dapat menyediakan konten data yang diperlukan.

Pekerjaan paruh waktu yang dimiliki siswa, merupakan keuntungan dari jadwal fleksibel.

Menjangkau sekolah masyarakat di  pelosok yang terkendala dengan kekurangan staf pengajar atau minim fasilitas ruang belajar.

 

Sedangkan kekurangan Pendidikan Jarak Jauh, diantaranya sebagai berikut:

 

Biaya pembangunan jaringan bisa bertambah untuk menghindari perbedaan dalam akses internet yang berakibat pada kesenjangan secara digital.

 Isu-isu mengenai akreditasi terhadap penilaian lembaga pendidikan perlu perumusan terbarukan.

Tidak semua orang memiliki akses ke teknologi digital.

Pendidikan Jarak Jauh pada Sekolah Virtual atau Kuliah Online masih relatif baru, jarang ada metode yang mengevaluasi efektivitas sekolah ini.

Akuntabilitas terhadap absensi siswa tergolong rendah karena kurangnya kontribusi dari sekolah.

 

DAFTAR PUSTAKA

 

id.m.wikipedia.orghttps://id.m.wikipedia.org › wikiSekolah virtual - Wikipedia bahasa Indonesia, ensiklopedia bebas.

https://id.m.wikipedia.org/wiki/Sekolah_virtual

Share:

Dec 20, 2022

Tugas IQ, Makna I'jaz atau Mukjizat Al-Quran

Tugas Kuliah Studi Ilmu Al-Quran (IQ) tentang Makna I'jaz atau Mukjizat Al-Quran, definisi, macam-macamnya, beserta contohnya.



Soal

Buatlah ringkasan I'jaz al Quran.


Jawaban:

 

Ringkasan tentang I’jaz atau Mukjizat Al-Qur’an

  1. Mukjizat berasal dari akar kata A’jaza – Yu’jizu yang berarti melemahkan. Mukjizat dimaksudkan sebagai sarana melemahkan pihak-pihak penentang al-Qur’an sekaligus sarana pembuktian atas kebenaran Nabi Muhammad SAW. Didefinisikan, bahwa Mukjizat al-Qur’an adalah kelebihan-kelebihan yang ada di dalam al-Qur’an sebagai bukti kebenaran yang berkaitan dengan diri Nabi, nubuwah dan risalah yang beliau bawa.
  2. Macam-macam I’jaz al-Quran:

a.      Mukjizat Material Indawi, bisa disaksikan dengan mata telanjang. Seperti api tidak membakar jasad Nabi Ibrahim, tongkat Nabi Musa berubah jadi ular, Nabi Isa menyembyhkan berbagai penyakit, dll.

b.      Mukjizat Immaterial Logis dan Kekal, tidak bersifat material tetapi abadi sepanjang zaman. Satu-satunya adalah Mukjizat al-Qur’an.

  1. Aspek-aspek Kemukjizatan al-Quran

a.      Mukjizat dari Aspek Bahasa

Al-Quran menggunakan Bahasa Arab yang kata dasarnya bisa dibentuk menjadi berbagai macam kata. Contohnya, kata (فَعَل) berarti: bekerja, tetapi bisa dibentuk ke bentuk lain (ditashrif) sehingga berarti: sedang bekerja, bekerjalah, pekerja, yang dikerjakan, tempatwaktu, dan alat bekerja, mempekerjakan, saling bekerja, dll.

-          Makhrojnya menakjubkan

Bunyi huruf-huruf al-Quran banyak yang mirip, tetapi jelas dengan keunikan tersendiri.

-          Kosa kata bahasa Arab atau al-Quran kaya dengan siinonim

Pemilihan kosa kata ini dapat memberikan pemahaman yang kuat terhadap maksud suatu ayat yang disampaikan. Contohnya lafaz (جَلَسَ) berarti duduk, tetapi setelah tidur/berbaring, sedangkan (قَعَد) berarti duduk, tetapi setelah berdiri.

-          Bahasa Arab atau bahasa al-Quran mempunyai tata bahasa yang detail.

Struktur kalimatnya, tidak hanya tersusun dari Subjek, Predikat dan Objek, tetapi ada Haal yang menerangkan keadaan, ada Taukid yang berfungsi sebagai penegasan, ada Tamyiz  yang berfungsi untuk meniadakan keasalahpahaman maksud, ada Badal yang berfungsi untuk memberikan maksud kata tertentu, dll.

-          Kemukjizatan dari Aspek Nada.

Bahsa Arab, khusunya bahsa al-Quran mempunyai tata cara baca yang unik. Ada panjang pendek bacaan, ada dengung, samar, pantulan huruf, dll. Jauh daripada itu, struktur ayat-ayat al-Quran ada yang puitis, prosa indah, dan bersajak menarik.

-          Kemukjizatan dari Aspek Kepadatan Isi, ketepatan Makna, dan Keseimbangan redaksi.

Bahsa al-Qur’an sangat simpel tetapi memiliki makna yang mendalam.

-          Kemukjizatan dari Aspek Kesempurnaan

Dari semua aspek yang disebutkan sebelumnya, menjukkan bahwa al-Quran sangat sempurna dari berbagai aspek, sebagai bukti bahwa al-Quran bukan buatan manusia, tetapi wahyu dari Allah Swt.

b.      Mukjizat dari Aspek Ilmiyah

Isi kandungan al-Qur’an selalu dapat dibuktikan secara ilmiah di zaman awal turun, di zaman ini, dan yang akan datang.

c.       Mukjizat dari Aspek Pemberitaan Ghaib

Al-Qur’an dapat mengungkap sesuatu yang dianggap Ghaib atau musnah. Contohnya jazad Fir’aun

d.      Mukjizat dari Aspek Penetapan Hukum

Hukum yang terkandung dalam al-Qur’an selalu lebih unggul daripada hukum-hukum buatan manusia.

e.      Mukjizat Hidayah Bagi Ilmuwan Penentang al-qur’an

Mereka akan mentok dengan pemikirannya sendiri dan akhirnya menyerah, takluk, tunduk, seraya mengucap dua kalimat syahadat.

           

 

 

 

Share:

Dec 17, 2022

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT

Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT atau perusahaan. Contoh surat ini bisa dicopy paste langsung dari laman situs Tugas DukTik ini, akan tetapi kemungkinan format suratnya tidak serapi di format aslinya. Format yg asli bisa diunduh atau di download di link yg disediakan di bawah contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Karyawan PT

Gunung Mulia, 18 Desember 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Pimpinan. PT. APDB
Di
Tempat

Dengan Hormat,

Berdasarkan informasi yang saya peroleh dari teman, bahwa PT. APDB sedang membuka lowongan pekerjaan. Maka dengan ini saya berminat melamar pekerjaan di perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin.

Berikut ini data diri saya:

Nama : Agus Budianto
Tempat Tanggal Lahir : Gunung Mulia, 19 September 1981
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : SLTA
Alamat Domisili : RT 8 RW 3 Gunung Mulia
No Telepon dan WA : 082355552258

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan:

1. Fotocopy KTP;
2. Fotocopy Kartu Keluarga;
3. Fotocopy Ijazah Terakhir;
4. Fotocopy Surat Keterangan/Pengalaman Kerja;
5. Sertifikat Vaksin 1, 2 dan 3;
6. Pas Foto 4x6 2 lembar;
7. Surat rekomendasi dari Lurah.

Demikian surat lamaran ini saya buat, besar harapan saya dapat diterima di PT. APDB. Atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ttd
Agus Budianto

Link Download;



Share:

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru

Inilah Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru. Contoh bisa dicopy paste langsung dari laman situs Tugas DukTik ini, akan tetapi kemungkinan format suratnya tidak serapi di format aslinya. Format yg asli bisa diunduh atau di download pada link yg disediakan di bawah contoh surat Lamaran Kerja menjadi guru ini.

Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru

Bukit Tinggi, 19 Desember 2022

Kepada Yth.
Bapak/Ibu Kepala Sekolah
SMA 2 Bukit Tinggi
Di
Tempat

Dengan Hormat,

Berkenaan dengan informasi yang beredar di masyarakat tentang adanya lowongan guru Bahasa Inggris di SMA 2 Bukit Tinggi ini, maka saya mengajukan permohonan lamaran pekerjaan untuk menempati posisi tersebut di atas. Berikut ini data diri saya:

Nama : Uswatun Hasanah
Tempat Tanggal Lahir : Bukit Tinggi, 05 Januari 2000
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Pendidikan Terakhir : S-1 Pendidikan Bahasa Inggris, UIN
Alamat Domisili : Jl. Merdeka Nomor 14 Bukit Tinggi
No Telepon dan WA : 087744447667

Saat kuliah, saya pernah menjadi tutor Bahasa Inggris di beberapa lembaga kursus Bahasa Inggris dan les private untuk murid SMP dan SMA. Sebagai bahan pertimbangan Bapak/Ibu kepala sekolah, bersama ini saya juga lampirkan:

1. Riwayat Hidup;
2. Fotokopi Ijazah Pendidikan terakhir;
3. Fotokopi KTP;
4. SKCK yang masih berlaku;
5. Sertifikat Vaksin ke 2;
6. Pas Foto 4x6 2 lembar;

Demikian surat lamaran ini saya sampaikan, atas perhatian serta kesempatan yang Bapak/Ibu berikan saya ucapkan terima kasih.

Hormat saya,
Ttd
Uswatun Hasanah

Link Download:



Itulah Contoh Surat Lamaran Kerja Menjadi Guru. Semoga bermanfaat. Salam DukTik!
Share:

Top Sepekan

Tag Labels